SEJARAH SEKOLAH SIHIR HOGWARTS : PENDIRI HOGWARTS DAN MANTRA YANG MELINDUNGINYA

 

Hogwarts Logo

 

I. PENDAHULUAN

Seperti halnya semua penyihir hebat, mereka mencapai kemahsyuran dan kepandaian sihirnya melalui sekolah pada masa remajanya. Sekolah Sihir adalah sekolah dimana para penyihir cilik dapat belajar menggunakan sihir dengan benar dan memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Hogwarts adalah salah satu sekolah sihir terbaik dunia yang berada di Inggris, tepatnya di Skotlandia yang berfungsi melatih anak-anak yang berumur mulai 11 hingga 18 tahun yang memiliki kemampuan sihir untuk menjadi para penyihir yang berkualitas. Hogwarts didirikan sekitar abad millenium yaitu sekitar tahun 1000M oleh empat penyihir hebat bernama Godric Griffindor, Salazar Slytherin, Rowena Ravenclaw, dan Helga Hufflepuff. Nama-nama mereka kemudian dijadikan sebagai nama asrama murid-murid Hogwarts yang memiliki kepribadian yang sesuai dengan keempat pendiri tersebut. Hogwarts memiliki semboyan “draco dormiens nunquam titillandus” yang berarti “jangan membangunkan naga tidur”.

II. PENDIRI HOGWARTS

1. Godric Gryffindor

Godric Gryffindor adalah pendiri asrama Gryffindor dimana ia bersama 3 rekannya yang lain  mendirikan sekolah sihir Hogwarts Peninggalan Gryffindor adalah pedang berhiaskan rubi yang dibuat oleh goblin dan topi seleksi Kedua benda ini memiliki keunikan tersendiri, dimana bila seseorang yang bersifat seperti Gryffindor memerlukannya, pedang akan keluar dari topi. Godric Gryffindor lahir di suatu desa yang sepi di pedalaman Inggris yang penuh dengan komunitas penyihir bernama ”Godric’s Hollow” (nama desa yang diabadikan dengan namanya). Gryffindor dikatakan memiliki keberanian yang terpuji, kebulatan tekad dan kekuatan hati di atas semua kualitas. Oleh karena itu, ia memilih siswa untuk asramanya berdasarkan dari keberaniannya. Ia juga mendukung agar Hogwarts menerima penyihir kelahiran Muggle. Nama Godric merupakan bentuk dari Anglo-Saxon, dan memiliki beberapa arti, seperti, “Ia yang berkuasa dengan Tuhan” atau “Ia yang berkuasa dengan baik. Gryffindor dan asramanya ditandakan dengan seekor Singa Emas dengan latar belakang merah. Pada awalnya ia merupakan sahabat baik Salazar Slytherin, tetapi persahabatan itu terputus, walaupun belum pernah dinyatakan, tetapi bisa jadi perbedaan pandangan terhadap penyihir kelahiran Muggle yang menjadi alasan mereka berpisah. Saat ini Kepala Asrama Gryffindor adalah Profesor Mac.Gonagall yang mengajar Transfigurasi.

2. Helga Hufflepuff

                                Helga Hufflepuff                                 Helga Hufflepuff adalah pendiri asrama Hufflepuff. Harta peninggalannya adalah gelas piala dari emas yang memiliki kekuatan. Helga Hufflepuff, menilai kerja keras, kesetiaan, toleransi dan keadilan di atas semuanya. Binatang identitas asrama adalah badger dan kenari dengan kuning dan hitam sebagai warna kebanggannya. The Fat Friar adalah hantu penjaga asrama. Hufflepuff berkesuaian dengan elemen tanah, dimana asrama tempat tinggal mereka berlokasi di suatu tempat di ruangan bawah tanah, pintu masuknya dapat ditemukan melalui lukisan yang berada di sekitar dapur. Sandi harus diberikan ketika akan masuk. Ruang bersama Hufflepuff dipenuhi warna kuning dan kursi malas dan memiliki terowongan bawah tanah yang tembus ke asrama, dimana semuanya memiliki pintu lingkarang sempurna, seperti ujung tong. Kepala asrama saat ini adalah Professor Pomona Sprout yang mengajar Herbologi.

 3. Rowena Ravenclaw

Rowena Ravenclaw

Rowena Ravenclaw menilai kecerdasan, kreativitas, akal dan kebijaksanaan. “Wit beyond measure is man’s greatest treasure adalah kutipan yang sering diulang oleh Ravenclaw. Harta peninggalannya adalah mahkota. Diyakini dengan mahkota itu kebijaksanaan dan kepintaran digunakan secara maksimal. Binatang identitasnya adalah elang, dan menggunakan warna biru dan perunggu. Hantu asrama adalah Grey lady, yang dicurigai sebagai Helena Ravenclaw, putri dari pendiri Hogwarts, Rowena Ravenclaw. Ravenclaw berhubungan dengan elemen udara. Ruang bersama dan asrama Ravenclaw berada di Menara Ravenclaw di bagian barat sekolah. Ruang bersama berbentuk lingkaran, seperti halnya Gryffindor, dan memiliki langit-langit kubah yang dilukiskan bintang-bintang. Juga terdapat terdapat patung dada dari Rowena Ravenclaw memakai mahkotanya. Untuk masuk ke dalam ruang bersama Ravenclaw, teka-teki logis harus diselesaikan. Hal ini sangat kontras dengan Ruang bersama Gryffindor, Hufflepuff dan Slytherin, yang menggunakan sandi untuk masuk. Kepala asrama saat ini adalah Filius Flitwick yang mengajar Mantra.

 4. Salazar Slytherin

Salazar Slytherin

Salazar Slytherindijelaskan sebagai “haus kekuasaan” oleh Topi Seleksi, dan datang dari “tanah rawa”. Tanah Rawa di bagian timur Inggris adalah kawasan lahan gambut di sekitar Norfolk, Lincolnshire, Cambridgeshire dan wilayah sekitarnya. Slytherin merupakan seorang Parselmouth, (ahli sihir yang mampu berbicara dengan ular) pertama yang dicatat, Legilimens yang ulung, dan terkenal karena kekuasaan darah murni. Asramanya di Hogwarts sering digambarkan dengan ular dengan warna hijau dan perak. Harta peninggalannya adalah kalung dengan liontin emas berlogo huruf “S”. Seperti Ravenclaw dan Gryffindor, Slytherin memilih dengan hati-hati pelajar yang akan memasuki asramanya. Mutu pelajar yang disukainya adalah kepintaran, kesungguhan tekad dan keberanian untuk tidak terlalu mengindahkan peraturan, termasuk kemampuan berbicara parseltongue. Dia juga memilih pelajar yang licik, bercita-cita tinggi dan berdarah murni. Slytherin menggunakan darah murni sebagai kunci pemilihan murid dari awal berdirinya Hogwarts. Dia menginginkan pengajaran sihir hanya untuk keluarga sihir saja. Dia percaya bahwa kelahiran Muggle tidak boleh dipercayai dan dia tidak mau mengajar murid dari kalangan Muggle. Kepala Asrama Slytherin saat ini adalah profesor Horace Slughorn yang mengajar Ramuan.

 III. MANTRA PELINDUNG

Pada masa itu, komunitas Penyihir dan Komunitas Muggle berseteru. Banyak korban dari dua belah pihak, baik itu Penyihir atau pun Muggle. Sekolah itu didirikan jauh dari para Muggle karena ketika itu manusia biasa takut akan penyihir, dan menyiksa mereka. Bahkan banyak diantara para Muggle yang mencoba menyingkirkan penyihir dengan cara pembakaran. Hogwarts juga dilindungi dengan banyak sihir oleh setiap kepala sekolah yang sedang menjabat untuk melindungi baik dari komunitas muggle maupun komunitas penyihir. Untuk menyembunyikan keberadaan Hogwarts dari komunitas Muggle, bangunan Hogwarts diperlihatkan sebagai rumah tua yang tidak berpenghuni. Terhadap penyihir, Hogwarts dilindungi dari penyihir-yang-tidak-diundang. Bahkan penyihir terbaik pun tidak bisa mempergunakan ilmu “apparate” dan “disapparate” untuk datang ke dan pergi dari Hogwarts. Beberapa mantra yang digunakan kemungkinan besar adalah mantra Fidelius, mantra anti tak terlihat, dan mantra-mantra rumit lain yang hanya dapat dikuasai oleh Penyihir yang sudah ahli dan berpengalaman. Mantra sihir tingkat tinggi ini bukan hanya melindungi penyihir dari para Muggle dan penyihir yang tak diinginkan, namun juga melindungi Hogwarts dari kejadian-kejadian buruk, binatang nyasar, bencana alam, dan mantra-mantra tak terdeteksi dari penyihir lain.

 IV. PENUTUP

Hogwarts adalah sekolah sihir hebat dengan sejarah hebat. Sekolah ini menghasilkan penyihir-penyihir besar seperti Kepala Sekolah kita sendiri, Profesor Albus Dumbledore. Ratusan anak dari seluruh penjuru dunia dengan berbagai suku bangsa, warna kulit, dan perbedaan lainnya, setiap tahun berkumpul menjadi satu di Hogwarts untuk belajar bersama. Sekolah ini dimaksudkan agara para penyihir muda dapat membaur dengan semua golongan, baik itu Muggle atau penyihir, untuk mencapai kedamaian dunia. Sihir diajarkan untuk digunakan dengan baik, tidak mencedarai dan agar timbul rasa saling menghargai dan menghormati baik itu sesama penyihir, entah itu darah murni, campuran, kelahiran Muggle atau Mugle pada umumnya.

hogwarts_l

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: